Jumat, 03 Juli 2009
Kompetisi d'Blogger di SMAN 1 Surabaya akhirnya menelorkan jagoan. Selama 1 bulan digelar, 14 pelajar dinyatakan sebagai pemenangnya. Mereka pun layak mendapat merchandise dari blogdetik.com.

Dari puluhan peserta, juri yang diketuai Fajar Oktobrianto menyeleksi cukup ketat. Penilaian berdasarkan konten dan kreativitas dalam menuangkan ide-ide segarnya.

Kompetisi yang pertama kalinya itu bertema "Surabaya di Mataku" membuat peserta saling berlomba menyuguhkan informasi yang terbaik.

Setelah berjalan selama tiga hari,server penerimaan siswa baru (PSB) online mulai keteteran. Server yang dipakai untuk menampung semua pendaftaran tidak bisa lagi bekerja optimal karena pengakses membeludak.

Ketua Tim pembuatan situs PSB online Surabaya Yudhi Purwananto menuturkan, akses untuk melihat hasil PSB termasuk deretan pendaftar sampai rangking tiap sekolah memang sulit dibuka. Hal ini disebabkan terlalu banyak orang yang online pada saat yang bersamaan untuk melihat website PSB.”Kami memahami kalau wali murid terus memantau perkembangan anaknya. Karena sama-sama ingin memantau, akhirnya ribuan wali murid tidak bisa akses,” ujarYudhi kemarin.
Perebutan bangku SMPN, SMAN, dan SMKN, mulai terjadi pada hari pertama pendaftaran jalur regular, Rabu (1/7). Sampai pukul 18.30 WIB, pagu sekolah sudah terisi dengan nilai beragam.

Data sementara menunjukkan, nilai Unas minimal di setiap SMP cenderung lebih rendah dibandingkan tahun lalu. SMP 2, misalnya, nilai terendah yang tercatat kemarin 25,3, padahal tahun lalu 26,3.
Secara keseluruhan, nilai Unas pendaftar berkisar 21,5 (SMPN 44) hingga 27,95 (SMPN 3). Meski secara umum ada kecenderungan menurun, ada pula yang meningkat, seperti SMPN 3 (27,95), SMPN 13 (25,25), SMPN 25 (24,75), SMPN 26 (26,4), SMPN 33 (23,4).
Kamis, 02 Juli 2009
KABAR gembira bagi peserta PSB Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).Pagu (kuota) siswa jalur RSBI ditambah.Beberapa RSBI menambah kelas,ada juga yang hanya menambah kuota tiap kelas.

Penambahan pagu tersebut, terlihat saat pengumuman RSBI pada Selasa (30/6). Dari empat RSBI di Surabaya, hanya SMAN 5 Surabaya yang konsisten pada pagu semula yakni 288. Sementara untuk untuk SMAN 15, pagu awalnya 288 menjadi 320,SMPN 1 pagu awal 252, naik menjadi 270. Di SMPN 6 Surabaya, pagu awal 224 menjadi 240. Ketua PSB 2009 Ruddy Winarko mengakui adanya penambahan pagu di RSBI.

Rabu, 01 Juli 2009
Salah memilih sekolah dalam PSB Online Surabaya Sangat mungkin terjadi.
Misal : UAN kita minim tapi mendaftar disekolah yang UAN Tinggi, Padahal jika kita mendaftar pada sekolah yang UAN agak rendah kita bisa diterima.
Kan bisa Ganti sekolah....?
Tidak bisa.. karena Pendaftar tidak bisa mengganti Sekolah yang sudah dipilih. Seperti yang terlihat di website Panitia PSB Online Surabaya

PEMBERITAHUAN!!

SESUAI DENGAN PROSEDUR PENDAFTARAN BUTIR 7
MAKA, PANITIA TIDAK MELAYANI PENGADUAN SALAH MEMILIH SEKOLAH.
APAPUN ALASANNYA!!.
-Terima Kasih-

Kekhawatiran situs PSB Online ngadat pada saat pengumuman penerimaan siswa baru tidak terbukti. Kini masyarakat sangat bersyukur dengan adanya layanan PSB Online gratis yang diberikan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surabaya.

Kini orangtua siswa tidak lagi mengalami mengalami kesulitan untuk mengakses situs yang beralamat di www.psbsby-online.net. Mereka bisa langsung mendatangi Mobil Unit Bantuan yang tersebar di 6 titik.

Keenam titik itu yakni, di Taman Bungkul, Taman Ahmad Yani (depan kantor Dolog), Halaman Kecamatan Tandes, Kebun Bibit Jalan Raya Manyar, SMPN 14, dan halaman Kecamatan Semampir.