Jumat, 03 Juli 2009
Setelah berjalan selama tiga hari,server penerimaan siswa baru (PSB) online mulai keteteran. Server yang dipakai untuk menampung semua pendaftaran tidak bisa lagi bekerja optimal karena pengakses membeludak.

Ketua Tim pembuatan situs PSB online Surabaya Yudhi Purwananto menuturkan, akses untuk melihat hasil PSB termasuk deretan pendaftar sampai rangking tiap sekolah memang sulit dibuka. Hal ini disebabkan terlalu banyak orang yang online pada saat yang bersamaan untuk melihat website PSB.”Kami memahami kalau wali murid terus memantau perkembangan anaknya. Karena sama-sama ingin memantau, akhirnya ribuan wali murid tidak bisa akses,” ujarYudhi kemarin.

Sebenarnya para wali murid bisa mengakses hasil serta perangkingan siswa kalau mau bersabar. Cuma,waktu yang dibutuhkan memang lama antara 30–60 menit. Teknisnya sendiri dilakukan dengan menekan kembali website: psbsby-online.net. ”Kode yang ada ditampilkan website bisa diganti untuk mempercepat akses. Salah satunya mengubah kode angka 15 dengan memasukan angka 7, 9, atau 11,”terang Yudhi. Tim IT ITS sendiri tetap berusaha untuk memperlancar server dengan mengalihkan akses berlebih dari wali murid.Pengalihan itu diharapkan bisa dipahami warga Surabaya ketika mengakses website PSB.

”Kalau pengalihan tidak kami lakukan, bisa saling berebut dan tidak bisa dibuka. Makanya, ka-mi tetap berusaha untuk membagi,” ungkapnya. Indah Septiandari, salah satu wali murid mengatakan, untuk membuka website sebenarnya masih bisa.Tapi ketika menekan pilihan rangking dan rekap hasil pendaftar, sambungannya kerap terputus. Setelah mendaftar, Indah mengaku belum puas kalau nama anaknya tidak tampil di daftar PSB online.

Ibu tiga anak ini mengaku sudah enam kali datang ke warung internet (warnet) serta sekolah untuk memastikan nama anaknya tercatat dalam PSB. ”Tapi belum juga bisa melihat nama,”keluhnya. Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya Sahudi menjelaskan, teknologi tidak harus selalu siap 100%. Sebab, ada kalanya kekuatan akses maupun jaringan internet lemot. Makanya pihak Dindik berharap wali murid bisa terus mengakses website PSB untuk mengetahui setiap perkembangan.

”Pokoknya segera datang ke sekolah atau ke layanan keliling ketika sulit mengakses internet,” ungkapnya. Sampai hari ketiga pelaksanaan PSB online jalur reguler kemarin, para pendaftar di tingkat SMP mencapai 22.305 siswa.Sementara untuk tingkat SMA ada 9.940 siswa, dan SMK ada 15.450 siswa. Proses pendaftaran sendiri akan berakhir hari ini.Panitia PSB 2009 berharap semua pendaftar menyelesaikan proses pendaftaran sebelum pukul 16.00 WIB.

Dengan begitu, pihak panitia bisa segera memproses rekapitulasi dan mengumumkan hasilnya, Senin (6/7) depan. (Seputar - Indonesia)

0 komentar:

Posting Komentar